Chat with us, powered by LiveChat

Jokowi: Saya dan JK Selalu Beriringan, Tak Pernah Berbeda

Capres petahana Jokowi mengajak Wakil Presiden Jusuf Kalla kampanye di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Di hadapan masyarakat, Jokowi menegaskan dirinya dan JK selalu berdampingan dan tidak pernah berbeda pandangan.

Jokowi mengatakan, Makassar termasuk kota yang dia prioritaskan untuk dikunjungi. Sebab Makassar merupakan kota asalnya JK.

“Makassar ini merupakan prioritas yang harus saya kunjungi. Karena saya dan Pak JK sudah 4,5 tahun diberi amanah oleh masyarakat di seluruh tanah air Indonesia,” kata Jokowi di kampanye akbar terbuka di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulsel, Minggu (31/3/2019).

Jokowi mengatakan, dirinya dan JK nyaris tidak pernah berbeda pandangan. Dia bahkan selalu berkomunikasi, terutama dalam mengambil kebijakan yang penting.

“Saya dan Pak JK nyaris 5 tahun ini tidak ada satu hal pun yang berbeda. Saya terus berjalan beriringan dengan Pak JK. Setiap saya ambil keputusan sulit, saya pastikan, saya diskusi dengan JK agar keputusan itu baik untuk masyarakat,” ujar Jokowi.

Salah satu jalan yang beriringan itu, kata Jokowi, misalnya saling mengontrol proyek besar. Dia mengatakan selalu berbagi tugas dengan JK.

“Bapak ke timur saya ke barat. Bapak ke utara saya ke selatan. Selalu bagi tugas. Kalau ada pertemuan internasional saya dan Pak JK selalu bagi tugas. Misalnya ke markas PBB di AS Pak JK yang hadir, selalu hadir di pertemuan yang ada di PBB,” katanya.

Dalam forum internasional, Jokowi juga sering berbagi dengan JK. “Kemudian pertemuan di G20 kadang saya datang kadang pak JK yang datang. Di pertemuan APEC kadang pak JK yang datang kadang saya. Inilah pembagian tugas agar setiap hal yang penting diputuskan dengan hati2 karena negara ini negara besar. Penduduk kita 269 juta orang. Yang terdiri dari 714 suku yang berbeda beda adat dan tradisi budaya beda,” jelas Jokowi.